Rabu, 18 November 2020

Melalui Padlet Tingkatkan Belajar Microsoft Word

 

Melalui Padlet Tingkatkan Belajar Microsoft Word



Oleh:

Susanto, S.Kom

Guru TIK SMPN 1 Wonogiri

 

Salah satu tujuan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yaitu mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan TIK untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari-hari.

Pembelajaran TIK pada materi Membuat Karya Menggunakan Microsoft Word menuntut siswa untuk memahami jenis karya yang bisa dibuat, menggunakan menu dan ikon yang tepat, dan mempercantik tampilan karyanya. Banyak siswa yang kesulitan dalam menerima materi, khususnya dalam membuat brosur. Biasanya mereka kurang cermat dalam membuatnya, akibatnya kurang menguasai dan tidak tuntas dalam pembelajaran tersebut. Kondisi tersebut juga terjadi di kelas VIII SMP Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020.

Untuk mengatasi hal itu, maka pembelajaran perlu dirancang dengan metode dan media pembelajaran yang tepat. Kegiatan yang dikembangkan dapat berupa penyediaan media pembelajaran, misalnya dengan Padlet.  

Menurut Weller (2013), Padlet merupakan salah satu dari media pembelajaran berbasis internet yang berfungsi sebagai tempat berbagi informasi berupa teks, foto, link, video atau konten lainnya yang disebut dinding (wall). Aplikasi ini dapat digunakan guru sebaga pengganti papan tulis konvensional.      

 

Menurut Ibrahim (2014) bahwa penggunaan Padlet dapat membantu proses interaksi antara guru dan siswa untuk memperoleh tujuan yang diinginkan dalam  proses pembelajaran. Guru dan siswa dapat  bertukar pikiran dan perasaan mereka dan mengirimkan melalui Padlet berupa teks, grafis, animasi, video dan link. Semuanya membantu siswa untuk memahami pelajaran dan mengingatnya dengan mudah.

Padlet berbentuk sebuah kanvas digital  yang dapat digunakan di komputer, laptop, tablet, dan smartphone, dan dapat diakses di mana pun selama memiliki akses internet. Guru dan siswa secara kolaboratif dapat mengisikan halaman  Padlet dengan video, teks tulisan, link website atau unggahan dokumen. Guru dapat menjadi admin dari Padlet sehingga dapat meninjau setiap tugas atau catatan yang dikirim siswa.

Untuk membuat akun Padlet, kunjungi id.padlet.com kemudian klik daftar dan akan muncul pilihan mendaftar dengan google, facebook atau dengan Microsoft. Jika mendaftar dengan google, maka sebelumnya harus sudah memiliki akun gmail, lalu ada dua pilihan akun yaitu gratis dan berbayar, pilih akun gratis.

Pada dashboard, pilih tampilan kanvas sesuai kebutuhan yaitu Dinding, Kanvas, Aliran, atau yang lain. Settinglah tampilan format kanvasnya (judul, tampilan gambar, font, dan privasi pengguna). Selanjutnya klik Create, tambahkan file, upload video, tulisan, dan sebagainya. Setelah selesai, download atau ekspor tulisan di Padlet dalam bentuk pdf, spreadsheet, atau sematkan di blog/website.

Langkah pembelajarannya, guru memberi petunjuk secara klasikal cara pembuatan brosur, menentukan tema brosur, dan menampilkan contoh brosur di Padlet. Siswa kemudian membuat brosur sesuai petunjuk. Setiap siswa menuliskan atau mengupload brosur karyanya. Pada akhir pembelajaran guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman dan kesimpulan. Dengan bantuan Padlet siswa lebih bersemangat dalam mempelajari materi pembuatan brosur karena karya mereka akan langsung dipajang dan dilihat oleh guru dan semua siswa. Keuntungan lain pembelajaran dengan Padlet yaitu untuk menyampaikan informasi, menulis materi, melaksanakan evaluasi, tempat diskusi, kelompok kerja, umpan balik, brainstorming, dan meningkatkan kemampuan menulis.

Membuat brosur merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Penulis sudah menggunakan Padlet ini untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonogiri. Dari hasil yang didapat, siswa 97% menyatakan senang mengikuti pelajaran dengan menggunakan Padlet. Selain itu antusias dan keaktifan belajar siswa di dalam kelas juga meningkat.

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar